MAKANAN KHAS CIREBON

Hallo temen-temen
Aku aktif lagi nih, meski aku sedang tidak enak badan hehehe

Sekarang aku mau share tentang makanan kuliner khas Cirebon. Barangkali temen-temen belum tau dan sedang berkunjung ke Cirebon. Jangan lupa untuk membeli beberapa makanan khas Cirebon.

Menurutku ada beberapa makanan khas cirebon yang sangat enak :

1. Bubur Sop Ayam
Bubur Sop Ayam terkenal di Cirebon bahkan di pinggir jalan pasti ada yang jual. Makanan ini menurutku sangat enak dimakan apalagi dalam keadaan hujan, makan yang hangat seperti Bubur Sop Ayam sangat cocok bagi temen-temen yang pecinta bubur dengan sop. Ada cita rasa berbeda dengan bubur ayam seperti biasanya karena bubur sop ayam menggunakan air sop dan bukan air santan seperti bubur ayam biasanya.
lihat gambar dibawah, hemmm pasti temen-temen sudah ngiler pengen coba hehehe


2. Empal Gentong
Empal Gentong. Siapa sih yang tidak tau empal gentong? mungkin hampir sebagian dipulau jawa mengenal makanan yang satu ini karena Empal Gentong adalah makanan khas cirebon yang sudah membahana dikalangan orang jawa karena rasanya yang sedap dan enak. Empal gentong berisi daging sapi dalam, air santan, dan ketupat longtong yang pastinya. Makanan ini memang kelihatannya seperti layaknya opor ayam namun jauh sangat berbeda, Empal Gentong berbeda rasanya dengan opor ayam karena makanan ini dimasak menggunakan gentong yang besar dan menggunakan kayu bakar yang manual sehingga menimbulkan rasa yang berbeda sangat, dagingnya juga yang lembut dan enak, . Pasti temen-temen pecinta kuliner tidak akan menyesal mencobanya. look at the picture.


3. Nasi Lengko
Nah, Nasi Lengko adalah salah satu makanan khas Cirebon yang selalu menjadi icon orang Cirebon kalau sarapan pagi. Nasi Lengko berisikan Nasi di topping dengan tempe, tahu, toge, dan daun cai kemudian dikecapin campur dengan sambal. Wuihhh pastinya sangat enak sekali, Nasi Lengko kelihatan sangat simple dan sederhana. Makanan ini sangat dicintai oleh masyarakat cirebon karena mengandung banyak nutrisi dan pastinya enak. look at the picture. pasti pengen nyoba yah, coba lah temen-temen, kalian tidak akan menyesal dengan keenakannya.


4. Nasi Jamblang
Nah yang satu ini pasti temen-temen udah pernah mendengarnya karena Nasi Jamblang sudah terkenal sampai manca negara. Nasi Jamblang terkenal dengan makanan yang kalau dimakan diatas daun Jamblang atau kelihatan seperti daun Jati. Namun ada yang membedakan dengan makanan khas cirebon yang satu ini yaitu setiap makanan apapun kalau makanan menggunakan daun jamblang rasanya sangat enak sekali. Biasanya Nasi Jamblang berisikan Nasi dengan Ikan Asin, Perkedel Kentang, Ati Kerbau, Tahu dan Sambal merah. Temen-temen pasti sangat ngilerrr karena makanan khas cirebon ini sangant luar biasa enak.


5. Tahu Gejrot
Yang kelima adalah Tahu Gejrot. Makanan yang satu ini sangat ekonomis, enak dan simple. Tahu gejrot berisikan dengan Tahu dicampur dengan cabe, bawang merah, bawang putih yang sudah digenjot atau diuleg menggunankan ulegan khas cirebon yang terbuat dari tanah liat kemudian ditaruh diatas tahunya lalu disiram dengan air gula merah yang sudah bercampurkan bumbu yang enak. Tahu Gejrot khas Cirebon berbeda dengan Tahu gejrot kota lainnya karena bahan pembuatan Tahu Gejrot sangat mudah. Makanan ini sangat murah biasanya dijual dengan harga antara 1rb sampai tak terbatas. Look at the picture. Coba temen-temen makanan ini karena sangat enak dan murah.


Okay aku rasa cukup segitu hehehe
Sebenarnya amsih banyak lagi,
Makanan khas Cirebon... mantepppp....
Terima Kasih 
Maaf kalau ada kesalahan ^^
Comments
2 Comments

2 komentar

itu gan.. bikin ngiler memang hahaha
silahkan dicoba makanannya gan.. hahaha
sebelumnya makasih udah berkunjung ke blog ane..


EmoticonEmoticon