MAKANAN KHAS CIREBON VERSI 2


Hallo sahabat ^^

Sekarang aku mau berbagi informasi tentang makanan khas cirebon yang ke dua.
Sebelumnya aku sudah memberikan informasi makanan khas cirebon hari kemaren. Nah, aku kira masih banyak yang harus dikupas tentang makanan khas cirebon yang belum aku sebutkan. Okay langsung saja, Ada beberapa makanan khas cirebon yang tidak kalah enaknya :

1. Docang
Docang adalah makanan khas cirebon yang sudah terkenal dikalangan masyarakat cirebon. Docang memiliki aroma yang sedap dan nikmat karena Docang berisikan bahan-bahan yang sederhana yaitu Ketupat dicampur dengan daun singkong dan parutan kelapa, toge lalu dikasih dengan kerupuk kemudian disiram dengan air beningan berbumbu yang enak, sedap dan hangat. Docang sangat simple bukan, namun rasanya enak banget, Silahkan temen-temen coba sendiri. Aku yakin pasti akan ketagihan.


2. Kerupuk Melarat
Kerupuk melarat, kedengarannya sangat aneh namun kerupuk melarat sudah sangat tidak asing bagi orang cirebon apalagi bagi kalangan anak-anak. Kerupuk melarat berbahan kerupuk khas cirebon dan dicampur sengan sambel asem. Hanya berbahan seperti itu. Namun masyarakat cirebon sudah sangat suka dengan makanan ini. Kerpuk melarat sendiri itu digoreng bukan menggunakan minyak, tetapi menggunakan pasir yang sudah dibersihkan dan layak. Makanya disebut kerupuk melarat, sedangkan melarat artinya miskin. Nah itu dia, makanya disebut kerupuk melarat. Kerupuk melarat sangat murah sekali bahkan Rp. 1000., boleh. Bagi temen-temen pecinta sambel, coba nih makanan ini hehehe


3. Mie Koclok
Mie Koclok adalah mie kesukaanku karena mie koclok itu sangat lembut dimulut dan enak. Aku pernah berpikir mie koclok bukan berasal dari Cirebon, mungkin ada perbedaan dengan mie koclok yang lain. Mie Koclok berbahan dari Mie, Toge, Santan, Ayam goreng, Telur rebus. Mie koclok pembuatannya sangat unik. jadi mie dimasukan ke penyaringan yang berbentuk seperti penggorengan dan ditumpuk dengan togek yang banyak lalu direbus kedalam air hanya beberapa menit saja sekitar 1menit sampai 3menit lalu langsung dituangkan diatas piring lalu disiram dengan santan kemudian dikasih ayam goreng. Nah, kenapa bisa dibilang lembut rasanya karena santan putih itu tidak cair namun agak kenyal dan enak rasanya dimulut. Silahkan temen-temen coba hehehe


4. Empal Asem
Empal asem adalah makanan khas cirebon yang hampir sama seperti empal gentong, tetapi berbeda di sopnya karena Empal Asem disiram dengan sop asam. Empal asem rasanya sangat luar biasa enak karena hampir sama dengan empal gentong. Empal asem berisikan dengan daging sapi lalu dikasih sop asem. tidak bisa ditulis dengan kata-kata lagi, malah aku jadi laper.. hahahaha
Pengen nyoba dateng ke cirebon. lihat gambarnya bikin ngiler..


5. Sambel Asem
Samble asem ini biasanya berisi seperti rujak namun berbeda dengan sambelnya menggunakan asem dan enak cooyyy. Wah aku makin ngiler nih, karna dulu aku sering beli rujak asem ini. lihat gambarnya. kalau temen-temen dicirebon pasti akan menemukan rujak asem.. enak temen-temen.



Okay temen-temen mungkin segitu yang bisa aku share...
Tambah ngiler nihhhh pengen makannnnnnnn.. arrghhhhhhhhhhhhh...
Maaf kalau ada bahasa yang kurang sopan.
Terima kasih  ^^
Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon